Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Eric Abidal

Written By jieenk on Minggu, 29 Agustus 2010 | Minggu, Agustus 29, 2010

Ramadhan tahun ini sepertinya menjadi halangan bagi bek kiri Barcelona Eric Abidal untuk menjalankan ibadah puasa. Sebagai komitmen terhadap profesionalitasnya sebagai pemain, Abidal tidak berpuasa ketika membela raksasa Katalunya ini.

Lahir 11 Juli 1979 di Lyon, Abidal sebelumnya seorang pemeluk agama Katolik, namun setelah menikah dengan wanita Aljazair, Abidal memeluk agama Islam dengan nama Islam, Eric Bilal Abidal.

Sebenarnya sejak memeluk Islam, Abidal menjadi Muslim yang taat, tidak pernah melupakan sholat, apalagi di Camp Nou, masih ada dua pemain lagi yang beragama Islam, yakni Seydou Keita dan Yaya Toure.

Sama seperti Abidal, baik Keita dan Yaya dikabarkan tidak menjalankan puasa ketika tengah membela El Barca bertanding. Ketiganya mengganti puasa di lain hari, setelah Ramadhan berakhir.

Abidal memulai kariernya profesionalnya bersama AS Monaco, 16 September 2000, dimana dia menuai 22 kali tampil bersama skuad utama Monaco. Setelah itu dia pindah ke Lille OSC, di klub inilah dia bereuni dengan mantan pelatihnya, Claude Puel dan 62 kali membela Lille.

Di akhir tahun 2004, dia kembali ke asalnya dan bergabung dengan Lyonnais, dimana merasih dua gelar Ligue 1 berturut-turut selama dua musim. Selama kariernya di Prancis, dia dikenal sebagai salah satu bek terbaik di Ligue 1.

Di Lyon, dia bermain bersama kiper Gregory Coupet, Francois Clerc, dan Anthony Reveillere dan dua pemain Brasil Cris dan Cacapa.

30 Juni 2007, Abidal pindah ke Barcelona dengan nilai transfer 15 juta euro, setelah menyatakan dirinya tidak akan berlatih jika dia tidak diizinkan pindah ke Barca. Di Camp Nou dia memakai nomor punggung 22, pasalnya nomor 20 yang dia kenakan di Lyon telah diambil Deco, yang kini membela Chelsea.

Sejak itu, Abidal menjadi pemain pilar Barca, presiden Joan Laporta menyatakan kontrak Abidal bernilai 90 juta euro dengan klausal pelepasannya, dan Lyon akan menuai bonus sebesar 500.000 euro jika Barca menuai gelar Liga Champions, untuk empat tahun ke depan. Dan itu terjadi di tahun 2008 setelah mengalahkan Manchester United di Roma.

0 komentar: